PERSALINAN NYAMAN DENGAN HYPNOBIRTHING

by - April 10, 2018

Gambar terkait
Hypnobirthing adalah metode yang menggunakan self-hypnosis (hipnotis diri sendiri) dan teknik relaksasi untuk membantu calon ibu merasa siap serta mengurangi persepsi akan ketakutan, kecemasan atau tegang, dan rasa sakit saat melahirkan. Hypnobirthing berasal dari kata “hypnosis” dan “birthing”. Hypnosis berasal dari bajasa Yunani “hypnos” yang berarti Dewa Tidur. Sedangkan “birthing” berasal dari bahasa Inggris yang berarti proses persalinan.Tapi, jangan mengira bahwa hypnobirthing adalah persalinan yang berada di pengaruh hipnotis sehingga ibu melahirkan di bawah alam sadar.
Hypnobirthing merupakan salah satu teknik autohipnosis (self hypnosis), yaitu upaya alami dalam menanamkan niat positif/sugesti ke jiwa atau pikiran bawah sadar dalam menjalani masa kehamilan dan persiapan persalinan. Hypnobirthing mengandalkan ketenangan pikiran sehingga mendukung seluruh relaksasi otot yang terlibat dalam proses persalinan. Dengan adanya relaksasi fisik, emosi dan jiwa persalinan dapat berjalan dengan mudah, bebas trauma. Metode hypnobirthing diharapkan dapat membuat ibu, ayah dan keluarga menyambut kehadiran sikecil dengan tenang, bahagia dan penuh cinta.

Cara Kerja Hypnobirthing
Hypnobirthing didasarkan pada kekuatan sugesti. Prosesnya dapat menggunakan musik, video, pemikiran dan kata-kata positif guna memandu pikiran, membuat tubuh santai, dan mengendalikan napas saat proses persalinan berlangsung. Misalnya diputarkan musik suara alam, video berkembangnya sebuah bunga, atau memikirkan kalimat-kalimat pernyataan seperti “saya ingin melahirkan secara normal”, “saya relaks, bayi saya juga relaks”.
Hipnosis dalam hypnobirthing dapat dilakukan sendiri (self-hypnosis) atau meminta bantuan dari hipnoterapis, tergantung pada kebutuhan sang calon ibu. Sebelum melakukan hypnobirthing, calon ibu (dan ayah) dapat mengikuti kelas kursus hypnobirthing pada saat kandungan berusia sekitar 32 minggu. Pada kursus tersebut akan diajarkan posisi tubuh saat persalinan dan kelahiran, relaksasi dan self-hypnosis, dan teknik bernapas.

Manfaat Hypnobirthing
1. Manfaat Hypnobirthing Bagi Ibu
  • Meningkatkan ketenangan ibu yang dapat bermanfaat untuk kesehatan sel-sel tubuh Ibu dan janin
  • Hypnobirthing dapat mengurangi rasa pusing, mual, muntah, dll.
  • Mencegah dan mengurangi resiko depresi pasca persalinan (baby blues).
  • Mengatasi takut, cemas dan stres menghadapi persalinan.
  • Mengurangi resiko komplikasi persalinan
  • Mengurangi resiko operasi caesar
  • Mempercepat pemulihan ibu pasca melahirkan
  • Dapat membantu ibu mengatasi hipertensi
  • Dapat membantu memperbaiki letak janin dengan teknik dan metode komunikasi.
  • Meningkatkan kadar endorphin / morphin alami dalam tubuh yang dapat mengurangi rasa nyeri pada saat kontraksi sehingga memperlancar proses persalinan.
  • Menanamkan sugesti positif ke alam bawah sadar sehingga ibu bisa menjalani kehamilan dengan indah dan persalinan dapat berjalan lancar.
2. Manfaat Hypnobirthing Bagi Bayi
  • Mampu menjaga suplai O2 untuk bayi selama proses persalinan
  • Meningkatkan ikatan batin / bonding bayi dengan ayah dan ibunya
  • Pada saat lahir biasanya bayi biasanya lebih tenang (tidak rewel)
  • Meningkatkan produksi ASI
  • Mencegah trauma fisik dan jiwa bagi Ibu dan bayi
  • Mempersiapkan generasi yang sehat, cerdas dan pembawa kedamaian

Cara Latihan Relaksasi Hypnobirthing
1.      Relaksasi Ibu Hamil/CC0/Tawny Ninaa.
a.    Persiapan
  • Pilih waktu yang rileks dan santai agar anda tidak terganggu. Jauhkan gadget dari jangkauan anda.
  • Lakukan latihan setiap hari dengan disiplin.
  • Pilih tempat latihan yang nyaman. Pastikan cahaya ruangan tidak terlalu terang agar anda lebih rileks.
  • Pastikan bahwa kemih anda dalam keadaan kosong sebelum latihan dimulai.
  • Kenakan pakaian yang longgar agar anda nyaman bergerak.
  • Gunakan musik dan arometerapi agar membantu anda lebih rileks.
b. Memilih Posisi Relaksasi
Setelah melakukan persiapan, pilih proses relaksasi yang paling nyaman menurut anda. Caranya dapat anda sesuaikan dengan kondisi tubuh anda. Dengarkan musik hypnobirthing yang akan membantu anda lebih rileks. Anda memiliki dua pilihan dalam melakukan metode hypnobirthing, yakni posisi belakang atau posisi miring.
c. Relaksasi wajah
Relaksasi wajah sangat penting karena dapat membantu bagian tubuh lain untuk mengikuti gerakan. Cara melakukan relaksasi wajah sebagai berikut:
  • Biarkan kelopak mata menutup secara perlahan. Jangan memaksanya menutup. Nikmati proses menutup mata secara pelan – pelan.
  • Fokuskan pada otot sekitar mata. Jika otot mata terasa lemas secara alami, biarkan pikiran dan tubuh anda merasakan rileks terasa mengalir dari kedua kening turun ke kelopak mata, kemudian ke tulang pipi dan rahang.
  • Saat latihan, pastikan anda merasakan leher, siku turun dan bahu sehingga secara perlahan bahu mulai terbuka keluar dan kedua tangan tergantung dengan lemas dari siku.
2.      Latihan Pernapasan
3.      Latihan teknik pernafasan ibu hamil
Temukan posisi yang paling nyaman bagi anda. Cobalah berbagai posisi untuk menemukan posisi yang nyaman, misalnya posisi duduk, setengah duduk, telentang atau miring. Posisi yang paling baik adalah menyamping ke kiri karena posisi ini dapat memperbaiki aliran darah ke rahim. Posisi ini justru sangat pentig untuk ibu hamil dengan usia kandungan kurang dari 36 minggu.
Jika anda sudah merasa rileks, mulailah bernafas sedalam – dalamnya melalui hidung dengan perlahan. Lakukan secara teratur. Ketika latihan ini, kendurkan otot – otot tubuh dan istirahatkan pikiran anda.

4.      Latihan Menanamkan Sugesti

Tanamkan sugesti dan niat positif ke alam bawah sadar ibu. Temukan suasana yang tenang. Nikmati tubuh ibu yang merasa rileks. Kemudian katakan pada bayi anda, tubuh anda dan jiwa anda bahwa anda “pasti akan melahirkan dengan cara alami, normal dan sehat”. Tanamkan semua sugesti positif “bayiku sehat, bayiku aktif”.
Untuk masuk ke dalam alam bawah sadar anda, anda dapat menggunakan ideomotorik yakni gerakan tangan secara alami yang dilakukan ibu hamil. Ketika usai melakukan latihan relaksasi, biarkan otot – otot semakin relaks dengan menghidup nafas yang panjang dan buang melalui hidung dengan perlahan – lahan.

Amankah Hypnobirthing?
Hypnobirthing aman untuk dilakukan selama dokter yang menangani sepenuhnya mendukung metode ini. Persalinan, baik dengan hypnobirthing atau pun cara lain, dianjurkan untuk dilakukan di rumah sakit dengan fasilitas operasi caesar darurat dan unit perawatan bayi yang baru lahir, untuk berjaga-jaga apabila terjadi komplikasi.
Apa pun metode melahirkan yang Anda pilih nanti, utamakan kesehatan dan kenyamanan diri sendiri dan bayi Anda. Selain itu jangan lupa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda.


Sumber: 



You May Also Like

0 komentar